STMIK Jayanusa Kerja Sama dengan Thailand

STMIK-AMIK Jaya Nusa jalin kerja sama dengan Srinakharinwirot University Thailand. Ketua Yayasan STMIK-AMIK Jaya Nusa Irwan Kinun mengatakan, kerja sama tersebut di bidang pertukaran mahasiswa, dosen, kerja sama pembahasan kurikulum, melaksanakan joint degree (gelar).

Selain itu, juga kerja sama pertukaran materi pembelajaran, kerja sama penelitian, seminar dan workshop, kerja sama bidang program akademik jangka pendek bersifat khusus, pengembangan staf dan kariawan serta pertukaran kebudayaan.

“Kerja sama ini bertujuan untuk peningkatan kualitas lulusan sehingga bisa sejajar dengan lulusan perguruan tinggi luar negeri,” ujarnya Rabu (17/12).

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan saat STMIK-AMIK Jaya Nusa mengadakan Seminar Internasional Distance Learning Technologi atau pembelajaran jarak jauh dengan pemateri dari Srinakharinwirot University Thailand.

Dia mengatakan, banyak yang bisa dikembangkan dengan adanya kerja sama tersebut. Salah satunya di bidang akademik dengan menerapkan distance learning teknologi.

“Seminar sekarang merupakan salah satu bentuk dari kerja sama dan sekarang kita buat ikatannya sehingga bisa dilakukan secara berkala,” terang dia.

Iwan Gunawan, pembantu ketua STMIK Jaya Nusa mengatakan, Distance Learning Technologi adalah sistem pembelajaran jarak jauh. Dengan sistem tersebut memungkinkan kita belajar menggunakan satu media interaksi antara mahasiswa dan dosennya tanpa harus tatap muka lansung.

Alasan munculnya teknologi ini adalah karena kesempatan pendidikan yang belum merata, jumlah SDM pendidik yang berkualitas masih terbatas, kondisi geografis yang terpisah dan kemajuan teknologi.

Dalam program ini proses belajar dilakukan tanpa tatap muka. Namun, peserta didik dituntut untuk aktif dalam prosesnya. Media teknologi yang digunakan di antaranya, print out (media klasik), vidio tape, telepon audio, video conference, jaringan komputer dan internet.

Annop Photisuk Ph D, dosen Srinakharinwirot University Thailand mengatakan, e-learning teknologi ini sangat membantu untuk menjangkau daerah yang jauh dengan pendidikan.

 

Sumber : http://www.news.padek.co/detail/a/14878